Allah Jalla Jalaluhu memiliki banyak cara untuk mengembalikan hambanya ke jalan yang lurus. Salah satunya adalah memberikan cobaan berupa musibah. Ada yang diberikan kebangkrutan dalam usahanya atau diberikan sakit yang berkepanjangan. Rizky Novian, biasa dipanggil Poki, seorang tattoo artist (seniman tato, red) pernah merasakannya. Hal itu juga yang membuat ia memutuskan meninggalkan pekerjaan lamanya dan memilih berjualan bakso di daerah Perak, Surabaya.

Waalaikumsalam, jawab Poki saat bertemu gohijrah di kafe baksonya. Silahkan duduk, ujarnya mempersilahkan gohijrah untuk mencari tempat yang paling nyaman. Sekilas bapak dua anak tersebut terlihat sangar. Sekujur tubuhnya tertutup tato. Mulai tangan, kaki, hingga leher nya pun ditato dengan berbagai motif. Kupingnya pun terlihat bekas tindikan yang diperlebar.

Tapi kesan sangar melihat Poki itu tiba-tiba berubah 180 derajat saat ia memulai obrolan siang hari itu. Tutur katanya halus dan tingkah lakunya pun sopan. Terlihat kontras dengan tampilan luarnya. Sebelum berbicara lebih panjang, Poki kemudian menyuguhkan segelas es teh manis di meja. Sangat pas sekali dengan suasana yang terik di daerah Perak Surabaya.

Perlahan Poki mulai menceritakan kisah masa lalunya sebelum berhijrah. Kesukaanya terhadap tato dimulai sejak ia duduk dibangku sekolah. Awalnya hanya coba-coba. Tapi begitu melihat hasil tato pertama yang dimilikinya, Poki merasa ketagihan. ditato itu sakit. Tapi setelah lihat hasil tatonya, rasa sakit itu seperti terobati, ujarnya tertawa.

Memiliki bakat menggambar dan mencintai tato, setelah lulus sekolah Poki langsung menekuni jasa pembuatan tato. Teman-teman nongkrongmerupakan pelanggan awal tatonya. Dari teman-temannya itulah, kabar kemampuan men-tato nya cepat menyebar. Wajar, hasil yang bagus dan penggunaan tinta tato premium membuat pelanggannya sampai luar Surabaya. sudah banyak yang saya tato mas, terang pria kelahiran 1990 ini.

Keahlian mentato Poki diakui oleh pelanggannya. Karena itu ia tidak segan mentarif jasa tato cukup mahal. Untuk ukuran kecil saja, ia mematok harga 2 juta rupiah. Bahkan ia pernah mendapatkan uang 15 juta rupiah untuk sebuah tato. Selain mentato, kesukaan Poki lainnya adalah mengikuti balapan liar. setelah tato, saya kembangkan ke bengkel khusus balapan, ujar pria yang bisa mentato mengguna tangan kanan dan kiri secara bersamaan.

Suatu ketika, ia mengikuti balapan liar di daerah Suramadu. Tiba-tiba ia pingsan dan sakit berkepanjangan hingga tidak bisa bangun dari tempat tidur. Bahkan pernah ia merasakan nyeri di dada yang luar biasa hingga merasa seperti akan meninggal. padahal setelah di cek, tidak ada masalah, terang nya.

Dari situlah hidayah Allah kemudian turun dan membuka hatinya. Perlahan-lahan ia merenungkan apa yang akan dijadikan bekal ketika mati nanti. Pikiran itu tiba-tiba muncul, padahal sebelumnya ia tidak pernah berfikir kehidupan setelah mati. mati ya mati, ujarnya mengenang. Poki kemudian memutuskan untuk berhijrah dan bertobat dari kehidupannya. Pertama yang ia lakukan adalah menjual anjing-anjing peliharaannya. saya tau di Islam sebenarnya memelihara anjing itu dilarang, ujarnya. Alhamdulillah setelah itu, penyakitnya berangsur membaik. Kemudian ia lalu berfikir untuk mencari temanyang bisa mengajarinya solat.

Pada awalnya, proses berhijrah bukan hal yang mudah bagi Poki, pro dan kontra bermunculan, terutama dari teman-teman nongkrong-nya. Iamulai dijauhi teman-temanya. Yang paling berat adalah saat ia berhijrah dan ia kehabisan uang, padahal tawaran untuk membuat tato masih mengalir. saya sempat ragu. Saya tetap mentato atau bagaimana. Karena kalau ga mentato saya ga punya uang, terangnya. Lagi-lagi Allah menunjukkan kuasanya. Tidak disangka, ia dipertemukan dengan pengusaha kafe di wilayah Gresik. saya kemudian ditawari menjadi manager kafenya, imbuhnya. Dari situlah kehidupannya semakin stabil hingga ia memutuskan untuk membuka kafe bakso miliknya sendiri. Kini setelah berhijrah, ia memiliki cita-cita mulia yaitu ingin mengajak teman-temanya untuk berhijrah dan meminta maaf kepada orang-orang yang pernah ia tato. saya takut akan dosa jariyah, katanya lirih.

Alhamdullillah kini kafe baksonya yang bernama bubblelicious mulai ramai dikunjungi pelanggan. Yang membuat banyak pelanggan tertarik selain rasa adalah variasi bentuk dan penyajiannya. Ada bakso goreng, bakso bakar, dan rencananya nanti ada bakso pedas dan keju. Bahan untuk baksonya pun ia pilihkanbahan berkualitas. Bahkan saosnya pun bukan saos seperti bakso kebanyakan. Poki menggunakan saos yang sehat dari merk ternama.

Sedikit saran dari Poki untuk mengetahui bakso yang bercampur bahan aneh (borax atau formalin, red) biasanya jika digigit akan terasa krek-krek di gigi seperti gigi beradu. Menjelang sore, silaturahmi kami ditutup dengan hidangan bakso super mantab lengkap dengan semangkok lontong yang punel. Tetap semangat dan istiqomah dalam berhijrah bro Poki. Bagi yang tertarik bakso Poki bisa langsung ke Jl Lumba-Lumba no 7 Perak Surabaya (muhammad haqy/danny zulfikri)

KOMENTAR