Kegiatan MCUC saat Idul Adha

 

Kegiatan ekstra kampus memang menyenangkan bagi mahasiswa. Selain memperbanyak teman, kegiatan ini biasanya bertujuan lebih pada penguatan karakter dan kemandirian. Ada banyak kegiatan ekstra, mulai dari olah raga, kesenian, bahasa dan sebagainya. Tapi kegiatan ekstra di Universitas Ciputra cukup unik. Betapa tidak, diteng

ah mayoritas mahasiswa non muslim Universitas Ciputra, masih ada beberapa mahasiswa muslim yang masih berpegang teguh dengan nilai-nilai Islam. MCUC namanya. Moslem Community Universitas Ciputra.

Menurut Ketua MCUC, Inarta Bagus Triguna kepada gohijrah, MCUC berbeda dengan kampus lain di Surabaya. Karena MCUC ini berdiri dilingkungan kampus yang kebanyakan mahasiswanya non muslim. Dari hampir 2000 mahasiswa Ciputra, yang muslim kurang dari 200 orang, ujarnya.

Bagus melanjutkan, MCUC berdiri sejak tahun 2013 dan hingga saat ini anggotanya tercatat sebanya 182 orang dan berasal dari berbagai mahasiswa seluruh Indonesia menempuh pendidikan di Universitas Ciputra Surabaya.

Kegiatan MCUC diantaranya adalah KAC (Kajian Anak Ciputra) yang dilakukan seminggu sekali di setiap hari Jumat dengan memanggil seorang Ustadz dari luar kampus.

Selain itu ada pengajian rutin seminggu sekali. Ada super camp, yaitu kegiatan diluar kampus, untuk melakukan out bond. Lalu ada Makrab (mahasiswa akrab), yaitu melakukan dialog keagamaan dengan didampingi seorang mentor. Dan yang paling menarik adalah hijab challenge, yaitu tantangan khusus anggota putri untuk selalu memakai jilbab di kampus selama 40 hari lamanya. Dan selalu dimonitoring oleh semua anggota dan seorang mentor.

Sementara setiap bulan ramadhan ada SRC(Semarak Ramadhan Ciputra), yaitu mengadakan tabligh akbar waktu di bulan ramadan. Masih menurut Bagus, selain berbagai kegiatan keagamaan mereka juga mempunyai kegiatan bisnis. Baik bisnis pribadi, maupun bisnis keluarga. Setiap departemen, berbeda tugasnya. Ada fund raising departemen yang khusus mengurusi masalah keuangan di komunitas ini.

Yang bertugas menjelaskan tentang bisnis kelas syariah. Dengan menjalankan bisnis secara Islami. Tidak ada riba dalam bisnis ini. Murni dananya dari para anggota dan pengurusnya. Karena pengurusnya, rata-rata mempunyai bisnis family. sekarang MCUC mencari investor/ donatur untuk bisa membiayai kegiatan. Karena jalan kita adalah jalan dakwah. Ada atau tidak ada dana, tetap berjalan kegiatannya seperti biasa, ujarnya.

Bagus berharap, agar nantinya semua anggotanya menjadi pebisnis semuanya. Karena tempat pendidikan komunitas MCUC terfokus pada dunia entrepreneur. Tempat mahasiswa muslim untuk berkumpul dan bersinergi dalam berbisnis. Yang nantinya bisa menginspirasi mahasiswa muslim Indonesia. Sebagai contoh panutan anak muda yang belajar sambil berkarya dalam dunia usaha. Tetapi tetap berjiwa toleran kepada sesama mahasiswa lain. Selain itu mampu penopang dakwah generasi muda.

KOMENTAR