BATAM - Masjid Bukit Indah Sukajadi Batam kali ini mengundang ustadz Dr. Khalid Basalamah, Lc, MA, dalam kajian rutin bulanan. Dan tak tanggung tanggung, kajian spesial ini diadakan selama tiga hari berturut-turut, yakni dari hari Jumat (20/7) hingga Ahad (22/7).

 

Pada hari pertama, kajian ini mengangkat tema tentang 'Generasi Emas Islam', dimana dalam isi kajian tersebut, ustadz Khalid menceritakan generasi-generasi emas pada jaman Rasulullah dan para sahabat. Kecintaan dan keimanan mereka pada Allah dan Rasul-Nya sungguh sangat luar biasa.

 

"Begitu luar biasanya generasi pada jaman tersebut, melahirkan orang-orang hebat dari didikan langsung Rasulullah," ucapnya kagum, disela ceramahnya.

 

Ustadz Khalid menjelaskan bagaimana tunduk dan patuhnya para sahabat, hingga Allah mengabadikannya dalam Alquran dalam banyak ayat yang salah satunya dalam surat At Taubah ayat 100 :

“Dan orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang Muhajirin dan Ansar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah rida kepada mereka dan mereka pun rida kepada Allah. Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang agung.”

 

Dari berbagai cerita Ustadz Khalid tentang Abu Bakr Ash-Sidiq, Umar Bin Khattab yang gagah perkasa dan berani terang-terangan mengumumkan keislamannya dihadapan kafir quraisy, Saad bin Abi Waqqash, Uwais Al Qarni, dan beberapa tabi'in serta tabi' tabi'in. 3 generasi emas islam.

 

"Banyak kisah para sahabat dan 3 generasi yang luar biasa yang dapat dijadikan contoh hidupnya, bagaimana keimanannya serta ibadahnya untuk kita dan anak-anak kita," sebutnya.

 

Menurutnya, sangat salah jika anak-anak kecil diberikan dongeng-dongeng yang tidak masuk akal seperti doraemon, cinderella, satria bajahitam, power rangers, dan lain sebagainya untuk tontonan bahkan bahan khayalan sang anak. Sehingga dari film, hanya dengan sebuah film, otak seorang anak bisa tercuci, bisa mengkhayal yang tidak-tidak dan pada akhirnya menggerus keimanan dan akidah anak kita.

 

"Maka dari itu, sepatutnya mulai dari dini anak-anak kita, kita beri cerita yang nyata, tentang kisah-kisah para sahabat. Karena salah satu perintah Rasulullah adalah selain menjaga nama baik para sahabat-sahabatnya, kita juga harus meneladani amal shaleh dan kehidupan keimanan mereka," tutupnya sebagai ringkasan. (HA)

KOMENTAR